demak

Polisi Berpeci di Kota Para Wali

Featured News/Reportase

Di Kota Wali, di bulan Ramadhan ini, ada yang istimewa dengan penampilan polisinya. Kepolisian Resor Demak, Jawa Tengah, mulai Jumat pertama, mengenakan atribut peci untuk Polisi Laki-laki dan kerudung untuk Polisi Wanita, Jumat (10-06-2016).

Ini, dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, Polres Demak memiliki cara tersendiri yaitu dengan terobosan kreatif berupa penampilan personel Polres Demak mengenakan peci Kota Wali yang telah di-launching sebelum Ramadhan lalu.

Pada umumnya para Polisi mengenakan topi pet saat bertugas, tapi di wilayah Demak, para penegak hukum ini berpenampilan bak santri dengan peci maupun kerudung di atas kepala mereka. Penggunaan atribut khas Muslim ini memang menjadi program terbaru untuk menyambut Ramadhan bagi jajaran Polres Demak.

Tak hanya para anggota, bahkan Kapolres Demak Ajun Komisaris Besar Polisi Heru Sutopo SIK, juga berpeci putih saat melakukan apel pagi. Menurutnya, program berpeci dan berkerudung di jajarannya merupakan salah satu upaya melestarikan kearifan lokal, seperti yang selama ini diketahui masyarakat bahwa Demak adalah Kota Wali yang nuansa religiusnya sedemikian kental.

AKBP Heru Sutopo, saat memimpin apel pagi Satuan Lalu-lintas di alun-alun Demak tepatnya di depan Masjid Agung Demak menungkapkan: “Kebetulan ini hari Jumat, jadi pas momentumnya dan mudah-mudahan dengan ini masyarakat yang melihat kami mengenakan peci dan kerudung jadi diingatkan untuk meningkatkan ibadahnya, lebih-lebih ini di bulan Ramadhan.”

“Polisi laki-laki mengenakan peci sedangkan Polwan mengenakan jilbab, dipakai tidak hanya pas Ramadhan saja, namun seterusnya setiap hari Jumat,” lanjutnya.

Sementara Kasat Lantas Polres Demak Ajun Komisaris Polisi Yoppy Anggi Krisna S.Kom, dalam wawancara dengan Tribratanewsdemak mengatakan bahwa, pihaknya memang mewajibkan jajarannya untuk menggunakan atribut dengan tujuan selain untuk mengingatkan para personel tentang kewajiban beribadahnya di sela-sela tugas yang padat, juga supaya masyarakat tergerak untuk meningkatkan ibadahnya.

“Jadi, hari ini seluruh anggota Sat Lantas Polres Demak sudah mulai memakai peci. Mulai dari yang mengatur lalu-lintas di persimpangan hingga jalur Pantura,” ungkap AKP Yoppy Anggi Krisna.

Selain itu, AKP Yoppy Anggi Krisna juga berpesan bahwa perubahan berawal dari diri sendiri, jadi diusahakan supaya anggotanya selalu mengingat ibadah kapan pun dan di manapun. “Ini Kota Wali, jadi mari mengingatkan warga untuk kembali ke kehidupan Islami yang tentram damai dan selalu mengingat Allah Swt.”

[Enny-Humas Polres Demak]

Komentar